Selasa, 17 April 2012

ALIRAN BEHAVIORISTIK : MEMAHAMI & MENJELASKAN PANDANGAN ALIRAN BEHAVIORISTIK TENTANG KEPRIBADIAN SEHAT

Kali ini saya akan membahas mengenai pandangan aliran behavioristik tentang kepribadian sehat.


Behaviorisme atau disebut psikologi S - R (stimulus dan respon). Adalah aliran yang khususnya terdapat di amerika serikat. Aliran ini ditemukan oleh john B. Watson pada tahun 1878 - 1958. Ia menentang pendapat umum berlaku disaat itu bahwa dalam eksperimen - eksperimen psikologi diperlukan introspeksi.

Introspeksi yang berarti mengamati perasaan sendiri, digunakan dalam eksperimen - eksperimen dilaboratorium wundt untuk mengetahui ada atau tidak adanya perasaan - perasaan tertentu dalam diri orang yang diperiksa. Jadi, orang yang diperiksa dapat mengatahui perasaan - perasaan apa yang dapat dalam eksperimen - eksperimennya. Oleh karena itu, psikologi Wundt dikenal juga dengan nama psikologi intropeksi. Pandangan ini dibawa dan dipopulerkan dari jerman ke amerika oleh salah seorang murid wundt yang bernama Edward B. Tichener.

Watson, dilain pihak, memperkenalkan psikologi yang sama sekali tidak mempergunakan introspeksi. Menurut dia, proses - proses kesadaran tidak perlu diselidiki, karena yang lebih penting adalah proses adaptasi, gerakan otot - otot dan aktivitas kelenjar - kelenjar. Ia berharap dengan teorinya ini dapat dicapai objektivitas ilmiah yang lebih sempurna, karena dalam introspeksi pengaruh faktor-faktor subjektif dari orang yang diperiksa besar sekali.

Oleh karena itu, ia lebih mementingkan perilaku terbukanya yang langsung dapat diamati dan diukur daripada perilaku tertutup yang hanya dapat diketahui secara tidak lansung. Pada pandangan behaviourisme ini aliran ini menganggap manusia sebagai mesin layaknya alat pengatur panas. maksudnya manusia sebagai sistem konflik yang bertingkah laku menurut cara yang sesuai hukum. aliran ini juga menganggap manusia tidak memiliki sikap diri sendiri. Dan emosi gembira atau emosi sedih menurut kaum "behaviourist" adalah manifestasi dari adanya ketegangan (tarikan) otot - otot dan syaraf - syaraf tertentu aliran ini disebut juga psikologi S-R "Stimulus - Respon", karena menurut penganut - penganut aliran ini perilaku selalu dimulai dengan adanya rangsangan yaitu berupa stimulus dan diikuti oleh suatu reaksi beupa response terhadap rangsangan itu. Salah satu penganut watson yang sangat besar masukannya untuk perkembangan behaviorisme adalah B.F. Skinner.

Jadi, menurut padangan para tokoh behaviorisme tentang kepribadian sehat menganggap manusia sebagai mesin layaknya alat pengatur panas. maksudnya manusia sebagai sistem konflik yang bertingkah laku menurut cara yang sesuai hukum. aliran ini juga menganggap manusia tidak memiliki sikap diri sendiri.


Demikian pembahasan mengenai behaviorisme tentang kepribadian sehat, Semoga bermanfaat untuk kalian semua para pembaca.

Terima kasih...


Sumber :

Sarwono, Sarlito W. (2010). Pengantar psikologi umum. Jakarta:Rajawali Pers.

Schultz, Duane.(2011).psikologi pertumbuhan:model-model kepribadian sehat.Yogyakarta:Kanisius


Published with Blogger-droid v2.0.4

1 komentar: