Selasa, 17 April 2012

ALIRAN PSIKOANALISI : MEMAHAMI & MENJELASKAN PANDANGAN ALIRAN PSIKOANALISIS TENTANG KEPRIBADIAN SEHAT

Kali ini saya akan membahas tentang aliran psikoanalisis yang memandang suatu kepribadian sehat.


Psikoanalisis yang diperkenalkan oleh sigmund freud pada tahun 1909. Ia dikenal dengan teorinya mengenai alam ketidaksadaran. Teori ini merupakan penemuan baru saat itu karena selama itu para ahli hanya menyibukkan diri dengan alam kesadaran sebagaimana yang nyata dalam teori - teori lain yang berlaku disaat itu seperti teori asosiasi, teori intropeksi, behaviourisme dan sebagainya. Ketidaksadaran (unconsciouness) menurut freud berisi dorongan - dorongan yang timbul pada masa kanak - kanak yang oleh satu dan lain hal, misalnya karena dilarang oleh norma masyarakat. Sehingga terpaksa ditekankan dan tidak muncul dalam kesadaran. Dorongan - dorongan terlarang ini, menurut teori freud yang klasik adalah naruli seksual atau disebut juga libido sexualis dan naluri agresi atau tanatos.

Menurut pandangan psikoanalisis kesehatan mental dilihat dari dorongan - dorongan terlarang, meskipun ditekankan tetap berpengaruh dan sering timbul dalam mimpi - mimpi, kesalahan bicara (slip of the tongue) atau bahkan dalam perbuatan - perbuatan biasa yang dapat diterima masyarakat seperti karya seni, karya sastra, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Sebaliknya, kalau dorongan - dorongan ini sama sekali tidak dapat disalurkan, maka ia akan mengganggu kepribadian dan juga memggangu kesehatan mental orang yang bersangkutan yang antara lain dapat berbentuk gangguan - gangguan kejiwaan yang disebut psikoneurosis. Psikoanalisis sebagai teknik penyembuhan penyakit - penyakit kejiwaan mempunyai metode untuk membongkar gangguan - gangguan yang terdapat dalam ketidaksadaran ini, antara lain dengan metode analisis mimpi dan metode asosiasi bebas.

Dalam perkembangan teori selanjutnya, freud mengemukakan pula teori tentang id,  ego,  dan superego yang masing - masing berarti dorongan - dorongan naluri (id) , aku (ego) , dan hati nurani (superego). Jika dari dorongan tersebut tidak disalurkan, maka akan mengganggu kesehatan mental yang dimiliki seseorang. Jadi, menurut pandangan psikoanalisis kesehatan mental atau kepribadian yang sehat yang baik adalah memiliki atau menyalurkan dorongan - dorongan yang ada seperti id,ego dan superego.


Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua para pembaca.

Terima kasih...


Sumber :

Sarwono, Sarlito W. (2010). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers


Published with Blogger-droid v2.0.4

1 komentar:

  1. bagus tulisannya sangat jelas penjelasannya
    dan id , ego dan superego selalu menarik untuk dibahas.semangat :)

    BalasHapus